skip to Main Content
SeaCrest Seagrass Health Monitoring

SeaCrest Seagrass Health Monitoring

Lamuners, telah diadakan kegiatan pendataan lamun yang diadakan langsung oleh SeaCrest lho! Kegiatan ini dilakukan oleh pihak DLHK yang telah menggandeng SeaCrest untuk melaksanakan survey kondisi padang lamun di Perairan Jawa Tengah. 

Kegiatan ini diwakili oleh Jan Ericson (Batch 2), Adrian Chamidy (Batch 2), Surya Fajar (Batch 1), Arrico Fathur, Zulfikar (Batch 6), Speranda (Batch 7), Sabna Suryaningtyas (Batch 7), Rifandi Septiadi (Batch 7). Kegiatan ini tentu saja didampingi dan diawasi oleh Ibu Ir. Ita Riniatsih M.Si selaku pembina SeaCrest.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 26 Juni 2022 dengan melakukan survei pada perairan Tegal dan juga Pemalang. Pendataan lamun pada tanggal 1-3 Juli 2022 dilakukan pada beberapa stasiun di Jepara, yang meliputi Pantai Blebak, Pantai Ujung Piring, Pulau Panjang, Pantai Bandengan, Pantai Semat, Teluk Awur, dan Pantai Kartini. Kegiatan pendataan pada beberapa stasiun di Jawa Tengah ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat kondisi padang lamun yang berada pada stasiun-stasiun tersebut.

Terdapat suatu hal yang sangat menarik loh, Lamuners! Ditemukannya salah satu spesies lamun yang jarang dijumpai di Perairan Jawa, yakni Halophila ovalis. Kelimpahan ikan dan juga megabentos serta biota lain pada tiap-tiap stasiun sangat beragam.

Gimana nih, Lamuners? Masih tertarik dengan sebaran padang lamun pada stasiun-stasiun tersebut? Ayo, simak foto-foto yang kami sajikan pada postingan ini yaa. Jangan lupa untuk terus melestarikan ekosistem laut yaa lamuners. Padang lamun yang luas didukung oleh sehatnya ekosistem laut kita.

Tinggalkan Balasan