skip to Main Content
Kegiatan Reef Monitoring SeaCrest UNDIP Di Perairan Maumere, Sika, NTT

Kegiatan Reef Monitoring SeaCrest UNDIP di Perairan Maumere, Sika, NTT

Halo sobat #seagrassprotector !
Pada tanggal 10-11 September lalu SeaCrest UNDIP yang diwakili oleh Jan Ericson dan Ardian Chamidiy (Batch 2) turut terlibat dalam kegiatan Reef Health Monitoring dan Ekosistem Terkait yang diadakan oleh LIPI (BRIN) dalam program COREMAP CTI.

Jan Ericson dan Ardian Chamidy melakukan pengamatan ekosistem padang lamun

Setelah sekitar 2 tahun tidak mengujungi site ini, kegiatan yang dilakukan kali ini yaitu untuk melihat kondisi ekosistem padang lamun yang ada di 8 stasiun pengamatan meliputi Pulau Babi, Pulau Pangabatang, P.dambilah, dll, pengamatan sudah dilakukan dari tahun 2016 hingga tahun 2021 untuk melihat kondisi padang lamun yang ada di Perairan Maumere Kota Ende ini. Dijumpai spesies lamun yang menarik juga dari lokasi ini, yaitu Thalassodendron Cilliatum yang masih jarang ditemukan di perairan Jawa , kelimpahan ikan dan megabenthos juga menjadi ciri yang unik dari lokasi pengamatan kita kali ini.

Kondisi lamun pada transek kuadran
Ikan Lepu (Pteoris sp.) dan bulu babi sebagai biota asosiasi lamun

Ingin tau kondisi lamun dan indahnya padang lamun di lokasi ini? yuk terus ikutin info-info menarik dari kita, karena apabila kondisi lamun terjaga dengan baik, maka keberadaan ikan dan biota yang ada disekitarnya pun juga turut berlimpah.

Doc by : BRIN, LIPI, Seacrest Undip.

Tinggalkan Balasan